Monday, October 28, 2013

Tips Cara Merawat Bunga Anggrek yang Benar

Bunga anggrek seperti kita ketahui adalah salah satu jenis bunga yang banyak diminati dan juga salah satu jenis bunga yang memiliki keindahan tersendiri. Walau bunga anggrek terlihat sangat cantik, tapi tidak mudah merawat dan memeliharanya.


Untuk memelihara bunga anggrek kita perlu memperhatikan berbagai faktor perawatan seperti pemberian air, pupuk dan perawatan lainnya. Nah, untuk lebih detail simak 8 Cara Merawat Bunga Anggrek yang Benar berikut ini.

1. Jika anda menggunakan pot kecil dan tanah liat untuk merawat bunga anggrek anda memerlukan penyiraman setidaknya dua kali perminggu atau bisa tiga kali, asalkan jangan terlalu berlebih.

2. Setelah berbunga dan pertumbuhan daun mulai berhenti, sebaiknya kurangi penggunaan pupuk dan juga air sampai daun kembali muncul.

3. Salah satu cara membunuh anggrek adalah dengan memberikan air yang terlalu banyak sampai menggenangi pot, Frekuensi penyiraman tergantung pada jenis anggrek, media, kondisi cahaya, karakteristik kontainer dan suhu.

4. Anda harus menerapkan pemupukan secara teratur pada bunga anggrek anda, usahakan jangan terlalu memberi pupuk yang banyak, gunakan secukupnya. Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk yang larut dalam air atau pupuk dalam bentuk cairan.

5. Air sangat penting bagi tanaman, terutama anggrek. jangan biarkan tanaman anggrek kering, sebaiknya anda selalu memantau anggrek anda. selain itu jangan biarkan ada air yang tinggal di daun anggrek, karena dapat menyebabkan penyakit bagi daun.

6. Anggrek yang tumbuh di pohon atau kulit kayu membutuhkan rasio pupuk yang lebih tinggi seperti 30-10-10 atau 15-5-5. 

7. Sebelum memberi pupuk pada anggrek sebaiknya anda perhatikan cara penggunaan dan takaran pupuk pada label kemasan pupuk tersebut.

8. Hampir setiap anggrek yang dalam masa pertumbuhan selalu membutuhkan air, tapi tidak boleh terlalu berlebihan. air untuk anggrek yang dalam masa pertumbuhan setidaknya sekali seminggu, asalkan tidak kering dan sebaiknya pada pot diberi lubang dibawahnya agar air tidak menggenang pada pot atau tempat menanam anggrek
Cara merawat anggrek memang tidak mudah dan membutuhkan perhatian yang lebih, namun ketika tiba saatnya berbunga anda akan melihat hasil jerih payah anda ketika merawatnya.

No comments:

Post a Comment